Friday, August 21, 2009

RPP Kelas IX Semester Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) – 1

SMP / MTs : SMP Negeri 233 Jakarta
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1. memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian dasar internet/intranet
Indikator : Menjelaskan pengertian internet
Menjelaskan pengertian intranet
Menyebutkan kegunaan internet
Menyebutkan kegunaan intranet
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
Menjelaskan pengertian internet
Menjelaskan pengertian intranet
Menyebutkan kegunaan internet
Menyebutkan kegunaan intranet

B. Materi Pembelajaran
§ Pengetian internet
§ Kegunaan internet
§ Pengertian intranet
§ Kegunaan intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL, diskusi, tanya jawab, life skills

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Menanyakan tentang kegunaan komputer
Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang internet dan intranet
Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet dan intranet
Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan tentang internet dan intranet
Mencari kata kunci tentang internet dan intranet
Perayaan kesuksesan belajar
Penugasan

E. Sumber Belajar
Buku paket, Lembar kerja, sambungan Internet

F. Penilaian
1. Teknik : Tes tertulis
2. Bentuk instrument : Uraian
3. Soal / instrument :
a. Apa yang dimaksud dengan internet!
b. Sebutkan kegunaan internet!
c. Apa yang dimaksud dengan intranet!
d. Sebutkan kegunaan internet!
e. Apa yang dimaksud dengan TCP/IP

Rubrik Uraian
Instrumen


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) – 2

SMP / MTs : SMP Negeri 233 Jakarta
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi dasar : 1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
Indikator : Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
Mendeskripsikan sistem jaringan internet sesuai koneksinya
Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan intranet sesuai dengan jaringan yang digunakan

B. Materi Pembelajaran
Dasar-dasar sistem jaringan internet
Dasar-dasar sistem jaringan intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL, diskusi, tanya jawab, permainan cerdas cermat, life skills

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Mengingat kembali tentang pengertian internet/intranet dengan cara Tanya jawab
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
ü Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang :
§ Dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet
§ Manfaat jaringan
ü Tanya jawab
ü Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet
Mencari kata kunci tentang sistem jaringan internet dan intranet
Perayaan kesusuksesan belajar
Penugasan

Pertemuan Kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Mengingatkan kembali tentang sistem jaringan intranet dan internet dengan cara berdiskusi
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang perangkat keras jaringan komputer
Mengerjakan lembar kerja
Tanya jawab

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama
Mencari kata kunci tentang perangkat keras jaringan komputer
Perayaan kesusuksesan belajar
Penugasan

Pertemuan Ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Mengingatkan kembali tentang sistem jaringan intranet dan internet dengan cara Tanya jawab
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang perangkat lunak jaringan komputer
Mengerjakan lembar kerja
Tanya jawab atau zig saw

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama
Mencari kata kunci tentang perangkat lunak jaringan komputer
Perayaan kesusuksesan belajar
Penugasan

Pertemuan Keempat (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Mengingatkan kembali tentang sistem jaringan intranet dan internet dengan cara Tanya jawab
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang topologi jaringan komputer
Mengerjakan lembar kerja
Tanya jawab atau zig saw

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama
Mencari kata kunci tentang topologi jaringan komputer
Perayaan kesusuksesan belajar
Penugasan

E. Sumber Belajar
Buku paket, lembar kerja dan media informasi lain

F. Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda (Terlampir)
3. Soal/instrument :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) – 3

SMP / MTs : SMP Negeri 233 Jakarta
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi dasar : 1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet
Indikator : Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
Mengidentifikasi ukuran akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan peralatan yang digunakan
Menunjukkan ukuran kecepatan akses internet yang digunakan

B. Materi Pembelajaran
Ukuran kecepatan akses internet
Ukuran kecepatan skses internet berdasarkan saluran yang digunakan
Mengukur kecepatan akses internet berdasarkan modem yang digunakan
Menilai kecepatan akses internet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL, diskusi, tanya jawab, life skills

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet berdasar perangkat
Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama tentang ukuran kecepatan akses internet
Bersama-sama mencari kata kunci tetang ukuran kecepatan akses internet
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

E. Sumber Belajar
Buku paket, lembar kerja, saluran internet dan media informasi lain

F. Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal/instrument :
a. Sebutkan ukuran kecepatan akses internet!
b. Sebutkan jenis-jenis modem yang dipasaran saat ini!
c. Keuntungan dan kerugian dari jenis modem tersebut!
d. Sebutkan kendala-kendala dalam melakukan koneksi internet serta solusinya!

Rubrik Uraian
Instrumen


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) – 4

SMP / MTs : SMP Negeri 233 Jakarta
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi dasar : 1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses
internet/intranet
Indikator : Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan
akses internet
Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
§ Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet/intranet
§ Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet di sekolah

B. Materi Pembelajaran
Macam perangkat keras untuk mengakses internet
Mengidentifikasi perangkat keras pengakses internet di sekolah

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL, diskusi, tanya jawab, life skills

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Mengingatkan kembali materi ukuran kecepatan akses internet
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang perangkat keras pengakses internet/intranet.
Mengerjakan lembar kerja
3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama tentang perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet
Bersama-sama mencari kata kunci tentang perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet supaya mudah diingat
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

E. Sumber Belajar
Buku paket, lembar kerja, saluran internet dan media informasi lain

F. Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal/instrument :
1. Apa fungsi komputer dalam penggunaan internet!
2. Sebutkan jenis modem untuk koneksi internet yang di sekolahmu!
3. Apakah fungsi modem internet!
4. Sebutkan 4 peramgkat keras untuk mengakses internet!
5. Apakah perbedaan modem internal dan modem eksternal!

Rubrik Uraian
Instrumen


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) – 5

SMP / MTs : SMP Negeri 233 Jakarta
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi dasar : 1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan
internet/intranet
Indikator : Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet
Mengidentifikasi penyambungan internet/intranet
Membedakan fungsi layanan yang ada di internet/intranet
Melakukan sambungan internet menggunakan Dial-Up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau satelit)
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
§ Menunjukkan cara penyambungan internet/intranet
§ Memilih fungsi layanan yang paling efektif di internet/intranet
§ Mengguankan sambungan internet melalui Dial-Up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau satelit)

B. Materi Pembelajaran
§ Beberapa cara sambungan internet
§ Sambungan internet menggunakan topologi Star
§ Sambungan internet menggunakan Dial-Up Telkom instan

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL, diskusi, tanya jawab, life skills

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Tanya jawab materi sebelumnya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran


2. Kegiatan Inti
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dst) tentang penyambungan internet
Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)
Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama tentang sambungan internet
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

Pertemuan Kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Tanya jawab materi sebelumnya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dst) tentang penyambungan internet
Menghubungkan internet menggunakan saluran komunikasi (Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau satelit
Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama tentang sambungan internet
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

Pertemuan Ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Tanya jawab materi sebelumnya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dst) tentang penyambungan internet menggunakan topologi Star
Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi yang paling sesuai (efektif)
Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama tentang sambungan internet
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

Pertemuan Keempat (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Tanya jawab materi sebelumnya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dst) tentang penyambungan internet menggunakan Dial-up Telkomnet Instan
Mengerjakan lembar kerja

4. Kegiatan Penutup
Menarik kesimpulan secara bersama-sama tentang sambungan internet
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

Pertemuan Kelima (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Tanya jawab materi sebelumnya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mengulas bersama-sama tentang materi pertemuan pertama sampai ke empat dengan cara mengadakan permianan cerdas cermat


5. Kegiatan Penutup
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

Pertemuan Keenam (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
§ Tanya jawab materi sebelumnya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mengulas bersama-sama tentang materi pertemuan pertama sampai ke empat dengan cara Tanya jawab dan studi kasus

3. Kegiatan Penutup
Perayaan keberhasilan belajar
Penugasan

E Sumber Belajar
Buku paket, lembar kerja, saluran internet dan media informasi lain

E. Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal/instrument :

1. Sebutkan beberapa cara untuk melakukan koneksi internet!
2. Apakah fungsi fasilitas disconnect pada penggunaan internet dial up!
3. Sebutkan 4 saluran komunikasi yang digunakan pada internet!
4. Jelaskan tata cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up!
5. Apa yang dimaksud dengan GPRS!


Rubrik Uraian
Instrumen

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Architecture. Powered by Blogger